Perlengkapan yang Perlu Dipersiapkan untuk Hiking

Kegiatan hiking sekarang sekarang menjadi suatu hal yang booming buat anak-anak muda, tak terkecuali bagi siswa-siswi di MA Sunan Kalijaga Bawang. Hal ini buming setelah suksesnya film 5cm, film yang menginspirasi para anak muda untuk mencintai alam, dan melakukan kegiatan ini. Tapi untuk hiking di pegunungan tentunya diperlukan persiapan yang matang. Salah satunya adalah persiapan alat-alatnya. Berikut alat-alat yang perlu dibawa saat hiking dan camp di pegunungan :

1. Tenda Dome

Tenda ini diperlukan untuk tempat berteduh dan juga beristirahat dan wajib dibawa saat melakukan pendakian. Untuk kapasitas tenda ini bermacam-macam. Dipasaran banyak juga merek yang menjual tenda ini, seperti Eiger, Bestway, Lafuma, Montana, Rei, dan lain sebagainya.
2. Ransel/ Tas Gunung

Tas gunung tentunya peralatan paling utama jika kita akan melakukan pendakian. Tas gunung biasa dipanggil “Tas Carrier” atau “Carrier” saja. Tas gunung memiliki desain yang sudah disesuaikan dengan ergonomi badan manusia dan sudah disesuaikan pula khusus untuk membawa beban yang berat. Tas gunung dilengkapi dengan kantong-kantong yang banyak dan banyak tali-tali yang mengait. Tas gunung ada banyak merk dan banyak ukurannya. Tiap merk memiliki kelebihannya masing-masing. Ada yang memiliki besi di punggung bagian dalam tas supaya bisa menopang punggung manusia yang membopongnya. Adapula yang bisa dilipat, memiliki saku yang banyak, dan lain sebagainya.
Merk tas gunung: The North Face, Deuter, Eiger, Karrimor, Avtech, Consina, Alpine
Jenis berdasar ukuran: 40, 60, 80, 100 dan 120 (Liter)
3. Jaket

Ini juga gak boleh dilupakan, sangat-sangat wajib di bawa. Apalagi suhu di puncak tentunya sangat dingin. Namun bukan sekadar jaket biasa atau jaket yang dipakai sehari-hari melainkan jaket khusus yang tahan angin dan suhu dingin. Seperti halnya tas gunung, jaket gunung juga memiliki merk dan kelebihan masing-masing. Ada yang tahan angin saja, ada pula yang tahan angin dan air.
4. Sepatu atau Sandal Gunung


Sebagai alas kaki, sandal atau sepatu gunung tentunya hal yang gak boleh ketinggalan untuk dibawa. Saat mendaki tentunya medannya akan bermacam-macam, berlumpur, berbatu, datar, pasir dan lain sebagainya. Disarankan untuk menggunakan sepatu atau sandal gunung. Untuk masalah lebih baik yang mana, itu merupakan taste masing-masing individu.
5. Jas Hujan
Cuaca di puncak gunung tidak lah bisa diprediksi, kadang tiba-tiba hujan mengguyur. Sebagai antisipasi jangan lupa bawa jas hujan
6. Pakaian Ganti
7. Sleeping bag

8. Matras
9. Headlamp/ Senter

10. Masker
11. Jam Tangan
12. Perlengkapan masak dan makan
13. Sarung Tangan

14. Tarsh bag dan kantong plastik
Nah, ini juga tidak kalah penting, kenapa? jangan sampai kegiatan hiking yang memiliki esensi mencintai alam malah merusak alam dengan membuang sampah di puncak. Sebagai pecinta alam sudah semestinya ikut menjaga dan merawat alam. Hal yang simpel untuk dilakukan adalah tidak meninggalkan sampah.
15. Perlengkapan P3K


Share:

No comments:

Post a Comment