Tips Buat yang Bingung Mau Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi

Masa-masa transisi dari tingkat SMA ke Perguruan tinggi memang terkadang membuat bingung para siswa. Apalagi mereka harus memikirkan banyak hal. Untuk persiapan Ujian Nasional, Ujian Praktik dan sebagainya. Sehingga terkadang mereka luput dalam mengambil jurusan ke jenjang perguruan tinggi, mereka hanya ikut-ikutan tanpa adanya pertimbangan yang matang. Berikut ini sedikit Tips buat kalian yang sekarang duduk di kelas akhir / kelas XII yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

1. Kenali diri sendiri
Banyak sekali anak yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi karena terpengaruh oleh teman ataupun orang lain. Agar tidak mudah terpengaruh, kenali dulu diri kita. Maksudnya, kita gali diri sendiri. mulai dari potensi diri, kemampuan, hobi, minat, tujuan atau cita-cita. Hal tersebut sangatlah penting. Kenapa? Hal tersebut dapat memudahkan kita dalam mencari ilmu di Perguruan TInggi. Dalam perkuliahan kita akan merasa senang, menikmati, enjoy dan terasa tidak ada beban. Meskipun tugas-tugas menumpuk. Tapi tak apalah toh kita menikmatinya dan anggaplah tak ada beban. 
2. Mencari jurusan yang cocok
Setelah kita instrospeksi diri, kita sudah tau kemauan kita, mau ngapain, mau jadi apa? Kita tinggal tentukan mau ambil jurusan apa? Tidak mungkin kan orang yang tidak suka mesin masuk di Tehnik Mesin. Bakal mengalami kesulitan ntar.Sebagai contoh saja, kalau hobi dengan mesin, bisa kita ambil tehnik mesin, Jika kita suka dengan komputer maka ambillah jurusan yang berbau komputer.
3. Mencari Universitas / Perguruan Tinggi yang sesuai
Kita sudah tau mau ambil jurusan apa, tinggal langkah selanjutnya kita cari, perguruan tinggi yang ada jurusan tersebut. Kita bandingkan plus dan minusnya antara Perguruan Tinggi A dengan Perguruan Tinggi B. Pilihlah yang sesuai dengan kemauan kita, kalau bisa jangan terlalu dipaksakan. 
4. Meminta pendapat ke orang lain
Terkadang kita tidak bisa memutuskan segala sesuatunya sendiri, alahkah baiknya sebelum mengambil keputusan kita meminta pertimbangan dari berbagai hal. tentang positif dan negatifnya kuliah si A dan Kuliah di B. Mintalah pada orang yang sudah berpengalaman atau orang yang sedang menjalani kuliah di pilihan perguruan tinggi yang ingin kita masuki. 
5. Minta doa restu orang tua
Restu orang tua, sangatlah penting. biar kuliah kita lancar dan cepet kelas. Ets kelarnya dalam artian lulus ya, bukan berhenti di tengah jalan.
Share:

No comments:

Post a Comment